Jumat, 25 November 2011

pancasila 1

1. Ada pandangan yang mengatakan bahwa lahirnya pancasila diilhami dari gagasan-gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa-bangsa lain. Dan ada yang mengatakan bahwa pancasila berakar pada kepribadian bangsa Indonesia sendiri.
Apakah dari dua pernyataan tersebut tidak saling bertentangan,dan apakah pancasila sebagai ideology gado-gado ? jelaskan pokok-pokok pikiran pandangan anda !

jawaban :
Menurut saya pancasila bukanlah ideologi gado-gado. Pancasila merupakan hasil pemikiran bersama para pendiri bangsa.yang terinspirasi dari kepribadian bangsa Indonesia sendiri. Nilai-nilai yang ada dalam pancasila merupakan hasil penggalian dari nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang serta diyakini oleh bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia. Nilai-nilainya yaitu nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan telah ada dan tercermin dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia sebelum membentuk negara.


pertanyaan :
2. Agama merupakan pandangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari,termasuk hidup berorganisasi. Pancasila juga merupakan pedoman dalam segi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Apakah itu tidak berarti meng-agamakan pancasila? Jelaskan pokok-pokok pikiran pandangan anda !

Jawaban :
Sebagai sebuah dasar Negara dan pedoman dalam semua segi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, pancasila haruslah mengandung nilai-nilai yang yang mencakup segala aspek manusia dan kehidupannya, baik individu maupun social ,termasuk hidup bernegara.
Pancasila sendiri merupakan cerminan kepribadian bangsa Indonesia yang beranekaragam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya telah ada dalam masyarakat dan membudaya dalam kehidupan sehari-hari.
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat religious yang menganut agama yang berbeda,sehingga diperlukan dasar Negara yang merupakan bagian-bagian dari dasar agama. Hal ini tercermin dalam sila pertama pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila ini bermakna pengakuan bangsa Indonesia tentang adanya Tuhan Yang Maha Esa pencipta dari segala kejadian. Bangsa Indonesia beriman dan bertaqwa pada Tuhan. Jadi ajaran agama tidak meng-agamakan pancasila tetapi nilai-nilai agamalah yang dipergunakan pancasila untuk melengkapi dan menyempurnakannya sebagai pandangan dan pedoman hidup bangsa Indonesia. Secara keseluruhan kelima sila dalam pancasila merupakan satu keutuhan nilai yang harmonis sebagai barometer perilaku bangsa Indonesia dalam mencapai cita-citanya.

referensi : internet

Tidak ada komentar: