Jumat, 21 Oktober 2011

manusia dan penderitaan

Bumi pertiwi kembali berduka. Duka ini dikarenakan oleh kondisi gunung merapi yang kini telah ditetapkan berstatus awas. Erupsi eksplosif semakin sering terjadi dan hal ini menyebabkan daerah rawan bahaya kian meluas. Awan panas atau biasa disebut oleh warga sekitar “wedhus gembel” pun kerap kali muncul ketika terjadi erupsi. Hujan pasir dan hujan abu pun menerpa daerah sekitar gunung merapi.

Letusan gunung Merapi mengakibatkan banyak kerugian,diantaranya adalah kerugian materi yang dialami oleh semua korban,kehilangan anggota keluarga dan kerabat dekat,dan abu letusan gunung merapi pun dapat melapukkan batu candi Borobudur,karena abu gunung merapi mengandung asam yang tinggi.

Kita sebagai manusia hendaknya saling tolong menolong,mengulurkan bantuan ketika melihat orang lain tertimpa musibah atau penderitaan,karena setiap manusia pasti pernah mengalami penderitaan,karena penderitaan atau musibah itu adalah bagian dari kehidupan seseorang. Dengan menolong orang lain kita sudah dapat meringankan beban penderitaannya. Tuhan pun tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan manusia. Sebagai manusia hendaknya kita selalu bersabar dan berdoa ketika musibah menghampiri kita.

Tidak ada komentar: