Senin, 09 Desember 2013

CONTOH TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

CSR OLEH PERUSAHAAN

Berbagai perusahaan di Indonesia saat ini, sudah banyak yang melaksanakan program CSR. Bentuknya pun sangat beragam dan manfaatnya bisa diterapkan di semua kalangan. Berikut beberapa contoh bentuk CSR dari beberapa perusahaan besar di Indonesia

1.      Bank Central Asia

BCA aktif melaksanakan program tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility – CSR) di Indonesia. Di bawah naungan program “Bakti BCA”, BCA memberikan pendanaan dan menyediakan bantuan logistik melalui berbagai program CSR untuk sektor pendidikan, edukasi perbankan, pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM), kesehatan, pelestarian lingkungan, dan bantuan penanggulangan bencana alam.

Dalam bidang pendidikan,
beberapa program kepedulian sosial dalam bidang pendidikan, antara lain:  
·         Program Pendidikan Akuntasi (PPA) non gelar, yang ditujukan kepada lulusan sekolah menengah atas atau sederajat yang berprestasi namun memiliki kendala finansial untuk dapat melanjutkan kejenjang  pendidikan yang lebih tinggi.  Peserta PPA tidak dikenai biaya dan tidak terikat ikatan dinas. PPA diselenggarakan sejak tahun 1996. Sampai dengan Desember 2011, PPA BCA mendidik 235 lulusan SMA dan sederajat. Dalam perkembangannya, PPA BCA bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti untuk mendapatkan gelar S1 Jurusan Akuntasi dari FE USAKTI.

·         Program Beasiswa Bakti BCA, bekerjasama dengan beberapa universitas negeri, BCA memberikan beasiswa kepada mahasiswa strata satu. Saat ini, BCA bekerjasama dengan 10 universitas negeri, dan beberapa lembaga – seperti dengan Yayasan Paramida, Yayasan Karya Salemba Empat, dan beberapa lembaga lain dalam penyaluran beasiswa.

·         Bakti BCA Terintegrasi, melalui program ini, BCA membantuan pengembangan infrastruktur pendidikan untuk sekolah dasar dan menengah. Beberapa bentuk bantuan terserbut, antara lain bantuan buku perpustakaan, pengembangan laboratorium komputer, renovasi ruang belajar, maupun pelatihan guru dan beberapa bentuk lain. Sampai saat ini BCA telah memberikan bantuan kepada 17 sekolah dari mulai Sekolah Dasar hingga SMA di Gunung Kidul, Yogyakarta; Tanggamus, Lampung dan Taktakan Serang, Banten.

·         Di tahun 2012, BCA memberikan bantuan sarana perkuliahan seperti komputer dan LCD Projector serta Co Branding Kartu Flazz yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro sebagai kartu identitas.
Edukasi Produk Perbankan
BCA berpartisipasi aktif dalam program edukasi “Ayo ke Bank” yang diprakarsai oleh bank-bank yang tergabung di dalam forum kelompok kerja Edukasi Perbankan di Bank Indonesia. Tema edukasi perbankan pada tahun 2011 adalah “Gerakan Indonesia Menabung.”Kontribusi BCA diwujudkan melalui sejumlah kegiatan edukasi perbankan di berbagai sekolah di beberapa daerah di Indonesia, antara lain Lampung, Pekanbaru, Jambi, Lubuk Linggau, Manado, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Bangkalan (Madura), Singaraja (Bali), Banyuwangi, Gunung Kidul (Yogyakarta), Cirebon. Selain itu, pada bulan November 2011 sebanyak 500 siswa dari 22 SD di Malang dan sekitarnya, mengunjungi kantor cabang utama BCA di Malang dengan didampingi oleh orang tua dan guru untuk lebih mengenal produk Tabunganku dan manfaat menabung.


2.      PT Jababeka Infrastruktur

Program CSR yang dijalankan oleh pihak Jababeka adalah mencakup : Program pemberdayaan ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, Pengembangan kebudayaan, dan Kepedulian terhadap lingkungan.
a.       Pemberdayaan ekonomi : Memberikan pelatihan keterampilan seperti usaha jahit dan ternak sapi. Kemudian memberikan dana bantuan juga sebagai modal awal bagi masyarakat di sekitar.
b.      Kesehatan : Memberikan pelayanan pemeriksaan gratis dan pembagian obat-obatan secara Cuma-Cuma. Jababeka juga menyediakan edukasi kesehatan bagi siswa Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.
c.       Pendidikan : Menyediakan beasiswa bagi anak SD, SMP, dan SMA. Kemudian memberikan bantuan peralatan kepada pihak sekolah. Serta mengadakan perlombaan yang sifatnya edukatif.
d.      Pengembangan kebudayaan : Memberikan bantuan sumbangan untuk pembangunan masjid, perbaikan jalan, serta mengadakan event-event pagelaran budaya bagi masyarakat.
e.       Lingkungan : Mengelola limbah B3 dengan baik, membangun kolam renang yang asri, menanam pohon sebagai penghijauan, dan Membangun Jababeka Botanical Garden yang luasnya mencapai 100 Ha.


3.      PT Unilever Indonesia, Tbk

Unilever melaksanakan program CSR yang beragam pula, diantaranya : Green and Clean dengan memanfaatkan bekas kantong produk Unilever menjadi bentuk baru yang bermanfaat; Pemberdayaan petani kedelai hitam; Program kesehatan dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis, periksa gigi gratis, serta membangun kader-kader yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan.

sumber

Joko Setiawan dkk, 2010, Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung
www.bca.co.id 

Tidak ada komentar: